Wednesday, April 8, 2009

Mayoritas Sudah Tentukan Pilihan, 12 Persen Pilih Golput

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 22 persen pemilih di Jawa belum memiliki pilihan partai saat pelaksanaan pemilu nanti. Sementara itu, sebanyak 62,73 persen pemilih menyatakan sudah memiliki partai dan 12,13 persen menyatakan akan golput.

Hal tersebut dipaparkan dalam hasil survei Reform Institute tentang perilaku pemilih di Jawa menjelang Pemilu Legislatif 2009.

"Responden yang menyatakan telah memiliki partai cukup besar atau mencapai 62,73 persen," kata peneliti Reform Institute, Khalid Novianto, saat jumpa pers, Jakarta, Senin (6/4).

Dalam survei yang melibatkan 1.500 responden di Jawa itu, partisipasi politik dalam pemilu mendatang masih cukup tinggi. Sebanyak 88 persen menyatakan akan menggunakan haknya dalam Pemilu Legislatif 9 April.

Dilihat dari segi sebarannya, responden yang mengaku belum memiliki pilihan partai plitik sebagian besar adalah di Banten sekitar 35,16 persen, kemudian disusul DIY sebesar 32,5 persen, Jawa Barat sekitar 25,68 persen, Jawa Tengah sekitar 23,32 persen, dan Jatim sekitar 23,61 persen.

Lebih jauh Khalid mengatakan, sebagian besar reponden belum menentukan pilihannya karena mengaku masih pikir-pikir. Selebihnya menyatakan masih menunggu anjuran keluarga, kiai, kepala desa, hingga alasan menunggu ada yang memberi uang. "Sekitar 89,3 persen mengaku masih akan pikir-pikir," ujarnya.

No comments:

Post a Comment