Wednesday, March 4, 2009

Pasar terbuka harus tetap dipertahankan

oleh : Erna SU Girsang

JAKARTA (bisnis.com): Dunia dimilai sebaiknya tetap memertahankan pasar terbuka di tengah krisis ekonomi global yang memaksa sejumlah negara melakukan proteksi produk dalam negeri.

Baroness Pauline Neville Jones, Shadow Security Minister And National Security Adviser House Of Lord United Kingdom, mengatakan krisis global yang semakin parah menyebabkan semua negara mulai melakukan proteksi terhadap produk lokal, baik dalam bentuk kebijakan maupun hanya dalam bentuk imbauan, misalnya anjuran menggunakan produk dalam negeri.

“Kebijakan mengatasi krisis ekonomi di masing-masing negara, jangan sampai mengarah kepada ekonomi tertutup. Pasar terbuka harus tetap dipertahankan,” jelas Pauline, kepada bisnis.com, di sela-sela pertemuan World Islamic Economi Forum ke-5, pekan ini.

Sementara itu, jelasnya, di tingkat individu ada kekhawatiran mengenai kelangsungan pekerjaan dan penghasilan. Situasi ini, menurutnya, perlu diperbaiki segera melalui sejumlah kebijakan, mulai dari meningkatkan kepercayaan di tingkat individu sampai tingkat dunia.

“Situasi saat ini dapat diperbaiki dengan menyediaan dana cadangan di sistem keuangan dan menjamin efektivitas koordinasi global,” jelasnya. (ln)

from: bisnis.com (kamis, 5 maret 2009)

1 comment:

  1. Dana cadangan ?
    Waduh...postingannya berat mas.
    Makasih infonya....

    ReplyDelete